Sejarah
Komputer
A. Pengertian Komputer
1. Definisi Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur
yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Menurut Blissmer (1985), komputer
adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu
menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan,
menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output
dalam bentuk informasi.
Sedangkan
menurut Sanders (1985), komputer
adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan
data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan
instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi
ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada
intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Secara luas, Komputer
dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari
beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang
lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Adapun
komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse
dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan
tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum
dalam bentuk print out (kertas).
Dari definisi
tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data,
dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal
dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing
(EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan
(fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan
dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah
lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
2. Fungsi Komputer
Fungsi dan
Peranan komputer bagi kehidupan manusia sudah sangat penting, bahkan bisa
dikatakan sebagian besar kegiatan manusia ditunjang oleh adanya
komputer. Mulai dari kegiatan pendidikan, kegiatan bisnis dan komersial,
pemerintahan, dunia hiburan, dan kegiatan pribadi lainnya.
Melihat 30
tahun kebelakang, fungsi dari sebuah komputer hanya sebatas untuk pemrosesan
sederhana (penghitunga, perkalian, pembagian, dan ekseskusi sederhana lainnya).
Namun saat ini fungsi komputer sudah semakin kompleks, mulai dari kepentingan
hiburan, keperluan kantor, hingga untuk mengontrol sesuatu. Perkembangan fungsi
dari sebuah komputer pastinya karena didukung oleh perkembangan dari komputer
itu sendiri dan juga perangkat-perangkat lain.
Bentuk dan
ukurannya pun mengalami perkembangan yang cukup signifikan dan mengalami penyusutan
dimensi yang drastis. Ukuran komputer pada awalnya bisa mencapai ruangan 5×5
meter, namun sekarang ukurannya hanya sebatas ukuran kotak makan 25×25
centimeter.
Melihat dari fungsi sebuah
komputer bagi kehidupan manusia, fungsi dan manfaat itu antara lain:
1. Fungsi
Komputasi
Fungsi ini
merupakan fungsi awal dari komputer, untuk melakukan komputasi dan pemrosesan
data. Fungsi ini lebih banyak digunakan pada aplikasi-aplikasi sistem
informasi. Meskipun fungsi yang lain memerlukan juga proses komputasi, namun
fungsi komputasi disini lebih ditekankan pada pemrosesan data-data.
2. Fungsi
Bisnis
Komputer sudah
banyak dipakai untuk keperluan bisnis dan komersial. Fungsi ini diantaranya
adalah untuk keperluan promosi produk (iklan). Untuk
mempromosikan produk-produk dari pelaku bisnis, adanya dunia internet
memperluas area promosi mereka hingga keluar negri dengan biaya yang lebih
murah.
Untuk
transaksi bisnis. Seperti jual beli online, makin maraknya web-web
e-commerce memudahkan orang untuk melakukan transaksi belanja melalui internet.
Selain itu, hampir semua perusahaan sudah mempergunakan komputer untuk
kemudahan dalam berbisnis, seperti perusahaan travel yang telah menyediakan
layanan reservasi tiket online, bank-bank menggunakan komputer untuk keperluan
transaksi perbankan, dsb.
Untuk
keperluan penyediaan jasa seperti rental-rental komputer yang
marak, warnet-warnet yang menjamur. Berapa banyak orang hidup dari membuka jasa
servis komputer?, jasa keamanan data komputer, dll.
Bahkan bisa
dikatakan, banyak orang yang menggantungkan hidup dari komputer (mendapatkan
penghasilan dari komputer). Seperti para programmer, desainer, editor, arsitek,
musikus, dan profesi yang lain, dimana mereka semua menggunakan komputer untuk
keperluan pekerjaannya.
3. Fungsi
Hiburan
Fungsi hiburan
merupakan fungsi paling menonjol dari komputer-komputer saat ini. Lain dengan
komputer jaman dulu yang belum memiliki fungsi hiburan, namun saat ini komputer
sudah tidak lepas dari fungsi hiburan. Fungsi Gaming digunakan
bagi orang-orang yang senang bermain game, mulai dari game balap, advanture,
ketangkasan. Apalagi dengan dukungan banyaknya jenis-jenis game yang beredar,
serta dukungan game multiplayer online semakin menambah kecanduan dan
keinginan orang untuk bermain game.
Fungsi
Entertainment, seperti untuk menonton film dan mendengarkan musik.
Adanya perangkat tambahan seperti speaker aktif dan juga viewer lebih
memanjakan para pengguna komputer untuk mendapatkan hiburan dengan menggunakan
komputer. Bagi yang sudah memiliki koneksi ke internet, dapat juga mendengarkan
lagu-lagu secara online dan juga dapat langsung membelinya. Banyak juga
penyedia layanan menonton film secara online.
4. Fungsi Pendidikan
Fungsi komputer
pada dunia pendidikan saat ini sangatlah penting. Komputer dapat digunakan
untuk keperluan belajar mengajar, seperti laptop yang digunakan dosen/guru
untuk menyampaikan materi dikelas. Bahkan sekarang sudah ada sekolah yang
mewajibkan setiap muridnya untuk membawa laptop sebagai ganti buku tulis yang
ada. Untuk keperluan praktikum, komputer juga sangat diperlukan. Program
internet untuk sekolah yang sedang dilaksanakan pemerintah juga akan lebih
menambah intensitas penggunaan komputer di instansi pendidikan. Para pelajar dan mahasiswa saat ini untuk mengerjakan
tugas juga menggunakan komputer, beda dengan 10 tahun yang lalu dimana masih
menggunakan mesin ketik untuk mengerjakan tugas sekolah/kuliah. Untuk melakukan
penelitian, komputer dapat digunakan untuk pemrosesan data yang lebih cepat dan
akurat.
4. Fungsi
Pemerintahan
Pemerintah
sudah mulai menerapkan sistem E-Government, dimana setiap daerah, instansi
pemerintah sudah memiliki sistem informasinya masing-masing, atau yang lebih
dikenal dengan E-Government. Dimana saat ini, penggunaan komputer sudah menjadi
kewajiban bagi setiap komponen-komponen pemerintahan. Penerapan E-government
ini tentunya untuk meningkatkan pelayanan terhadapa masyarakat. Seperti
pembuatan KTP online, investasi bisnis yang lebih menjanjikan, komunikasi antar
daerah lebih meningkat, dan lain sebagainya. Badan pemerintah seperti BMG telah
melakukan komputerisasi untuk semua kegiatan mereka, pemantauan cuaca dan
lainnya dapat dengan mudah dilakukan dengan penggunaan komputer.
Intinya
adalah, komputer dibuat sebagai alat yang memberikan kemudahan bagi manusia. Kemudahan
dalam segala aspek kehidupan manusia. Komputer dibuat untuk memanjakan manusia.
Saat ini, bagi yang tidak mau mengenal komputer, atau belum mengenal komputer,
baik untuk penggunaannya serta manfaatnya, bagaikan hidup di jaman batu.
Sebenarnya masih banyak lagi fungsi dan kegunaan komputer bagi kehidupan kita,
namun yang paling banyak dan utama adalah seperti yang saya sebutkan diatas.
B. Sejarah Komputer
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai
dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer"
adalah "yang memproses informasi"
atau "sistem
pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi,
sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang.
Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
Generasi Komputer
·
Generasi
Pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat
dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur
Jerman
membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang
dan peluru kendali.
Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris
menyelesaikan komputer pemecah
kode rahasia yang dinamakan Colossus
untuk memecahkan kode rahasia yang
digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi
perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan
merupakan komputer serbaguna
(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua,
keberadaan mesin
ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha
yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard
H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard
yang bekerja dengan IBM,
berhasil memproduksi kalkulator elektronik
untuk US Navy.
Kalkulator
tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM
Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai
elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik
untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin
tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap
perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi
tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih
kompleks.
Perkembangan
komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and
Computer (ENIAC),
yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat
dan University of Pennsylvania. Terdiri dari
18.000 tabung vakum,
70.000 resistor,
dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin
yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer
ini dirancang oleh John
Presper Eckert (1919-1995) dan John
W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna
(general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark
I.
Pada
pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung
dengan tim University
of Pennsylvania
dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang
masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete
Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk
menampung baik program
ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat
dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur
von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan
seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
yang dibuat oleh Remington
Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan
model arsitektur Von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus
Amerika Serikat dan General Electric
memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang
dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower
dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta
bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda
yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer
sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi
pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat
komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk
penyimpanan data.
·
Generasi
Kedua
Pada tahun 1948,
penemuan transistor
sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum
di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik
berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada
tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik
membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat,
lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini
adalah superkomputer. IBM
membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat
komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi
atom, dapat menangani
sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti
atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk
kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua
LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation
Labs di Livermore, California,
dan yang lainnya di US Navy Research
and Development Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk
menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi
kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas,
dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan
dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi,
dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di
kalangan industri.
Pada tahun 1965,
hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk
memproses informasi
keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa
pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.
Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan
bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen
dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat
itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula
Translator (FORTRAN)
mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit
dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami
oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur
komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer,
analis sistem,
dan ahli sistem komputer).
Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa
komputer generasi kedua ini.
·
Generasi
Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube
vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,
yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated
circuit) di tahun 1958.
IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon
kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan
lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat
dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi
(operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program
yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang
memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
·
Generasi
Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas:
mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale
Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam
sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah
chip tunggal.
Ultra-Large
Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan
untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang
setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal
tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004
yang dibuat pada tahun 1971
membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah
komputer (central processing unit, memori,
dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat
kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang
spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk
memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti
rumah tangga seperti microwave, oven, televisi,
dan mobil
dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa
untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi
perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun
1970-an, perakit komputer
menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat
umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual
dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer
pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.
Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600
menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat
diprogram.
Pada tahun 1981,
IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah.
Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5
juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer
melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang
berada di atas meja (desktop computer) menjadi
komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan
komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC
bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar
komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada
komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh
juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible
dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium,
Pentium II,
Pentium III,
Pentium IV (Serial dari
CPU buatan Intel).
Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini
semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat
kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring
dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat
dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,
piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan
yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal
untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.
Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau kabel telepon, jaringan
ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
·
Generasi
Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit
karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima
adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke
berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang
diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan
(artificial intelligence atau AI),
HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,
menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya
sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari
kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa
komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing
juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut
menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa
pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar
menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi
semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa
yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model
non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain
adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada
hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang
adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi
kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan
bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan
proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia.
C.
Sistem Komputer
Perangkat
Komputer dan Fungsinya
Komputer dibagi menjadi 3 macam
perangkat, yaitu perangkat Hardware(perangkat keras), software(perangkat
lunak), dan yang terakhir adalah perangkat insani(brainware).
1.
Hardware:hardware merupakan sebuah perangkat
keras yang bisa dilihat dan diraba, hardware komputer berbeda jenis sesuai
fungsinya masing2, jenis-jenis hardware yaitu:
a.
Input/output(i/0) terdiri dari perangkat
masukkan dan keluaran, seperti keyboard, mouse, printer, monitor, dll.
- Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan
oleh Christopher Latham pada tahun 1868, dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan
oleh perusahaan Remington Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis
QWERTY. Pada tahun 1973 keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO
(International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah
104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu
port serial, ps 2, usb dan wireless. Jenis-jenis keyboard antara lain:
1.)
QWERTY
2.)
DVORAK
3.)
KLOCKENBERG
·
Mouse
Mouse
adalah salah satu unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagi perintah
praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara
maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil
di dalam mouse, sesuai dengan pergerakan atau pergeserannya. Sebagian besar
mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakannya
yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan
tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah
penekana tombol kiri disebut dengan klik (click) dimana penekanan ini akan
berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser.
Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click), sedangkan menekan tombol
kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse terdiri
dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
·
Monitor
Monitor
merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada kepada pengguna
computer. Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada
pengguna computer melalui tampilan di layer monitor.
b.
Storage seperti
Hardisk disket, CD, Flash-disk, dll
c.
Casing Unit,
adalah tempat dari semua peralatan komputer, seperti motherboard, card, dll
2.
Software:
Merupakan perangkat yang berguna untuk melakukan suatu perkerjaan, software terdiri dari beberapa jenis yaitu
Merupakan perangkat yang berguna untuk melakukan suatu perkerjaan, software terdiri dari beberapa jenis yaitu
a.
Sistem Operasi,merupakan software yang
mengubungkan antara hardware dengan brainware, tanpa sistem operasi komputer
tidak dapat berjalan sama sekali, jenis2 sistem operasi antara lain seperti
Windows dan Linux
b.
Software utility,merupakan software yang
berfungsi untuk mengisi kekurangan yang ada pada sistem operasi yang digunakan
c.
Program aplikasi,merupakan software yang
berfungsi untuk melakukan suatu perkerjaan, seperti aplikasi perhitungan gaji
dipakai oleh orang yang berkerja dibagian keuangan, aplikasi ini tidak banyak
beredar dipasaran, aplikasi ini biasanya dibuat oleh perusahaan/pihak yang
membutuhkannya.
d.
Program paket, adalah sebuah apikasi yang
mempunyai banyak kegunaan, apikasi ini hanya berjumlah satu file tetapi dapat
melakukan beberapa tugas, seperti microsoft excel selain bisa dipakai
oleh anak sekolahan untuk membuat daftar piket kelas juga bisa digunakan oleh
orang bagian akutansi untuk membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi
program paket seperti microsoft word, excel, adobe photoshop, frontpage,
macromedia flash mx, dll. Program paket berdedar luas dipasaran.
Refrensi
http://f4123n.blogspot.com/2009/01/definisi-komputer.html
Arsyad Azhar, Media Pembelajaran,
jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Pandia,
Henry., Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP kelas VII, 2004, Jakarta : Erlangga