Senin, 24 Mei 2010

pemanfaatan lingkungan

Bab I
Pembahasan




Pemanfaatan Kerikil dalam pembelajaran Matematika
Tujuan :
Menghitung penjumlah, pengurangan, perkalian dan pembagian menggunakan kerikil
Alat dan Bahan
 Sejumlah Batu kecil atau kerikil

Cara Penggunaan :
 Misal pada penjumlahan :
2 + 6 + 5 = 13
Tumpuk 2 kerikil, 6 kerikil, dan 5 kerikil kemudian jumlahkan kerikil kerikil tersebut.
 Misal pada pengurangan :
15 – 3 – 6 = 6
Tumpuk kerikil sebanyak 15 buah, kemudian kurangi sebanyak 3 dan kurangi lagi 6 buah kerikil, setelah itu hitung sisa kerikil yang ada.
 Misal dalam perkalian :
3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 15 atau 5 + 5 + 5 = 15
Kerikil dikumpul menjadi 3 bagian, setiap bagian terdiri dari 5 buah kerikil dan setelah itu jumlahkan 3 kelompok kerikil tersebut. Atau kerikil dikumpulkan menjadi 5 bagian, setiap bagian terdiri dari 3 buah kerikil dan setelah itu jumlahkan 5 kelompok kerikil tersebut.





Penutup

Permanfaatan kerikil ini dalam penghitungan dapat membantu para siswa dalam mengerjakan latihan yang diberikan dan dapat memberi pemahaman tersendiri bagi siswa

1 komentar:

  1. ROZITA, Tugasnya lengkap. Coba terus menulis dan kualitas tulisannya ditingkatkan lagi

    BalasHapus